FAKULTAS Keguruan Ilmu Pendidikan(FKIP) adalah fakultas tertua yang berdiri dan merupakan cikal bakal Universitas Abulyatama, dalam sejarahnya FKIP pengembangan dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang juga merupakan “tambo” pertama dimulainya pendidikan tinggi dibawah naungan Yayasan Abulyatama. Status “terdaftar” untuk STKIP Abulyatama ditandai dengan SK Mendikbud RI No. 0393/O/1984, tanggal 29 Agustus 1984

Jurusan-jurusan yang berada dalam STKIP Abulyatama melalui SK Dekan Pertama STKIP (Drs. Abdurrahman HZ) nomor 03/STKIP-SK/1983, tanggal 6 Agustus 1983 adalah:

  1. Jurusan Pendidikan Moral Pancasila
  2. Jurusan Bahasa Inggris
  3. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
  4. Jurusan Matematika
  5. Jurusan Kimia
  6. Jurusan Fisika
  7. Jurusan Teknik

Dalam masa 30 tahun rentang waktu perkembangan melalui berbagai dinamika sosial dan keadaan daerah serta mempertimbangkan kebutuhan perkembangan pendidikan di tanah Aceh, FKIP UNAYA ditahun 2014 sudah memiliki 7 (tujuh) Program Studi (Prodi) yaitu:

  1. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  3. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Prodi Pendidikan Matematika
  5. Prodi Pendidikan Biologi
  6. Prodi Pendidikan Fisika
  7. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

FKIP UNAYA terus eksis melahirkan sarjana-sarjana pendidikan yang siap berkompetisi dan mengembangkan pendidikan di tanah air dengan terus mengusung pembinaan kepada anak yatim sebagai janji lulusan sarjana Universitas Abulyatama.

VISI

“Menjadi fakultas yang unggul di Aceh dalam pengembangan pembelajaran berbasis riset dan menghasilkan lulusan berkompetensi pendidik serta beriman dan bertaqwa”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mengembangkan nilai profesionalisme keguruan dan berorientasi pada keunggulan teknologi pembelajaran pada setiap program studi.
  2. Mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran sesuai dengan disiplin keilmuan program studi masing-masing.
  3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian, teknologi dan inovasi pendidikan.
  4. Menyelenggarakan kurikulum yang berorientasi pada keselarasan/kesepadanan (link and match) dan berbasis kompetensi.
  5. Mempertajam kecerdasan spiritual, emosional dan kecerdasan intelektual seluruh civitas akademika.

 TUJUAN

Menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi pendidik dan kreatif dalam mengembangkan keunggulan yang sesuai dengan bidangnya dengan moral dan etika yang baik.

Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan serta mampu berkompetisi dalam bidang pendidikan dan teknologi pembelajaran.

Menjadikan FKIP UNAYA sebagai pusat unggulan (center of excellent) dalam pengembangan pembelajaran yang akuntabel.[]